PERBEDAAN RELIGIUS DENGAN SPIRITUAL

02 Dec 2018

PERBEDAAN RELIGIUS DENGAN SPIRITUAL


PERBEDAAN RELIGIUS DENGAN SPIRITUAL
*_Menakar seberapa tebal jubah Agama yang kita gunakan dan seberapa mampu diri ini menembusnya_*
By
Baginda Adam Muhammad Akbarnahu
_Pemerhati Energi Jati Diri, Martabat dan Kedaulatan Jati diri manusia_
__Human Al Haq True Self Resonance Navigator_

“Spiritual itu meyakini karena menjalani dan mengalami, merasakan, mendengar serta melihat sendiri dan ini lingkupnya kasat mata dan tak kasat mata, Religius meyakini karena kata orang dan buku.
Sejatinya Spiritual melingkupi semua menembus semua batasan, Religius melingkupi batas batas yang dibangunnya sendiri.
Religius adalah awal, Rasio Spiritual adalah hakekat dari Religius, Resonansi Spiritual adalah hakekat dari hakekat Religius yang berlapis lapis tiada ujung.
Resonansi Spiritual melingkupi dalam diri manusia itu sendiri yaitu alam Saghir atau alam mikrokosmos dan diluar dirinya yaitu alam Kabir / alam makro kosmos”
B-AMA, Al Haq Scientific Wisdom

*Al Haq Inner Rahmatan Lil Alamin Movement*
⛔ NO ⛔
Crime, Hate Spech, Brutality, Againts Humanity, Vileness, Personal Harmness

*Tulisan ini hanya bagi mereka yang membuka diri untuk menjelajah di dunia Spiritual*

Fenomena yang terjadi saat ini di negara kita demikian sangat memprihatinkan. Kita dikenal sebagai bangsa yang religius, banyak orang taat beragama, tempat ibadah ada dimana-mana. Tapi ternyata kejahatan terus terjadi, korupsi dan fitnah merajalela.

Hal ini menunjukkan bahwa kita hanya mampu membawa perbedaan antara yang beragama dengan yang tidak beragama… Kita masih terpaku pada religius… bukan spiritual.

Orang yang *Religius* adalah orang yang agamis, rajin ibadah, terkadang dari penampilannya terlihat (sengaja diperlihatkan), menampilkan simbol-simbol agama…

Sementara *Spiritualis* adalah orang yang baik, bukan hanya dalam menjalankan perintah agama saja, atau di tempat ibadah saja, tapi ia baik dimanapun ia berada…

Saya cuplik tulisan dari seseorang (sayangnya namanya tidak ada / anynomous) yang menguraikan ada 5 perbedaan antara pribadi Religius dengan Spiritual, namun banyak juga penulis lainnya menguraikan sampai 7 dan lain sebagainya.

Namun
Sayangnya masih dalam koridor Rasio Spiritual belum Resonansi (getaran dan gelombang energi kehidupan) Spiritual, maka dalam kesempatan ini saya kristalisasi menjadi 9 perbedaan ditinjau dari Rasio dan Resonansi Spiritual.

*Adapun 9 perbedaan antara pribadi Religius dengan pribadi Spiritualis adalah sebagai berikut :*

*1. Orang Religius* adalah orang yang percaya bahwa Tuhan itu ada.

Sedangkan orang *Spiritual* adalah orang yang percaya bahwa Tuhan itu hadir.

Orang melakukan perbuatan tidak baik karena ia berpikir Tuhan hanya ada, tapi tidak hadir… Sedangkan orang spiritual berpikir bahwa Tuhan ada di manapun dia berada.

*2. Orang Religius* adalah orang yang merasa paling suci dan paling benar.

*Orang Spiritual* adalah orang yang melihat semua orang adalah setara, semua punya kelebihan dan kekurangan.

*3. Orang Religius* adalah orang yang mudah melihat perbedaan, dan sensitif dengan perbedaan.

*Orang Spiritual* adalah orang yang mudah melihat persamaan, mau menerima perbedaan, mau mendengarkan orang lain.

*4. Orang Religius* adalah orang yang hanya mementingkan simbol-simbol agama dan ritual agama saja.

*Orang Spiritual* adalah orang yang menyembunyikan ibadahnya dari orang lain, dan mempraktekkan keagamaannya dimanapun dan kapanpun.

*5. Orang Religius* adalah orang yang baik dalam urusan ibadah saja.

*Orang Spiritual* adalah orang yang baik dalam semua urusan, karena menganggap semua urusan adalah ibadah.

*6. Orang Religius* kebanyakan berkutat di kesadaran kasat mata

*Orang Spiritual* sudah mulai masuk dalam dunia kesadaran tak kasat mata, meskipun banyak juga yang sudah cukup puas berhenti dalam dunia Rasio Spiritual, padahal dunia lebih luas tak berujung adalah Resonansi Spirirtual.

*7. Orang Religius* meyakini bahwa hanya ada Surga dan Neraka, dimana yang mengikuti Agamanya maka adalah jalan keslamatan sehingga pasti masuk Surga, sedangkan yang tidak sama Agamanya pasti tersesat dan masuk Neraka

*Orang Spiritual* Bahwa yang dinilai adalah kualitas jiwanya dan sikap serta perilaku nyata dikehidupan, bukan Agamanya.
Dan alam setelah kematian bukan hanya Surga atau Neraka.
Sebab ada alam diatas Neraka namun dibawah Surga kualitasnya.
Serta banyak sekali alam diatas Surga.
Serta sejatinya di setiap alam mempunyai saf dan lapisan lapisan alam juga.

*8. Orang Religius*, Fokus pada ibadah dan bagaimana hidup penuh Cinta Kasih antar sesama.

*Orang Spiritual*, fokus bagaimana membersihkan segala sesuatu yang tidak baik yang masih ada didalam diri standar Tuhan Puncak tertinggi penguasa seluruh alam dan bermanfaat dan perduli pada sesama serta alam.

*9. Orang religius*, sebagian besar meyakini bahwa hidup manusia fisik adalah sekali.

*Orang Spiritual*,meyakini dan melihat serta membaca bahwa selama manusia tersebut masih mempunyai masalah dengan sesama yang belum terselesaikan, maka yang bersangkutan harus mengalami Reinkarnasi dan Evolusi kehudupan untuk menjalani azaz Keadilan dan kasih sayang Tuhan.

Dan selama belum kembali ke jati diri aslinya, maka manusia tersebut tetap menjalani Reinkarnasi serta Evolusi kehidupan.

Oleh karenanya orang Spiritual meyakini bahwa hidup itu bertanggung jawab, jalan keselamatan yang dijanjikan oleh masing masing Agama harus sesuai dengan sikap dan perilaku dikehidupan nyata dan nilai nilai tanggung jawab yang menyertainya.

Orang Spiritual meyakini bahwa setiap pemeluk Agama mempunyai kapling alam nya masing masing dan sesuai dengan amal dan perbuatannya selama hidup didunia.

Orang Spiritual meyakini bahwa kehidupan itu bukan hanya di Bumi, sebab ruh itu hidup dan abadi, yang mati adalah raganya atau tubuh fisiknya.

Orang Spiritual itu meyakini, mengalami, melihat dan menjalani perjalanan spiritualnya, bukan karena kata orang atau kata buku.

Orang Spiritual memahami bahwa ruh akan mencapai suatu alam sesuai dengan keyakinan yang dipegangnya itu.

Orang Spiritual memahami mereka yang Religius namun orang Religius sangat sulit untuk membuka diri guna memahami hakekat kedalaman dunia Rasio Spiritual.

Orang Spiritual yang sudah masuk dalam Resonansi Spiritual sangat memahami mereka yang masih dalam Rasio Spiritual, namun mereka yang masih dalam Rasio Spiritual rata rata sangat sulit memahami kedalaman dunia tiada ujung Resonansi Spirirtual.

Sudah siapkah kita menjelajah dunia Spiritual?, jika kita bicara Spiritual tidak bisa tidak kita bicara energi kehidupan, maka sekali lagi sudahkah kita siap menjelajah dunia Spiritual yang tiada ujung?

Semoga bermanfaat.
Demikian yang dapat saya informasikan mengenai Religius dan Spiritual., dimana informasi ini sangatlah sedikit dibanding ilmu Allah SWT.
Wallahu a’lam bish-shawabi / “Dan Allah Maha tahu yang benar/yang sebenarnya”.

“Dia mengetahui apa yang ada di langit dan di bumi, dan mengetahui apa yang kamu rahasiakan dan apa yang kamu nyatakan. Dan Allah Maha Mengetahui segala isi hati” At-Tagabun [64] : 4

“Maha Suci Allah Yang di tangan-Nyalah segala kerajaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu”
Al Mulk [67] : 1

✅ *Fight for – Awakening* ✅
Human Inner Origin, Promise Keeping & Integrity, Grandness Prophetic Leadership, Humanity, Unconditional Love Awareness, Justice – Peace -Prosperity, Nature Awareness.

*Let’s Unleash Origin Al Haq Leader In You*
Living on Al Haq Values in Grand Divine Real World application

Lereng Gunung Gede
Minggu, 02 Desember 2018

Zero Infinity Multi Universe As Sajdah
Salam Allahu Robbi
To Love – To Give – To Care
Baginda Adam Muhammad Akbarnahu
_Human Al Haq True Self Resonance Navigator_
TS-CODE – Al Haq Leadership Intelligent Center