The Forensic of Forgiveness Part One

12 Mar 2012

Quotes of the day
“The weak can never forgive. Forgiveness is the attribute of the strong”. Gandhi

Banyak dari peserta saya, sebagian besar malah….sangat susah untuk memaafkan peristiwa / kejadian atau kesalahan masa lalu dan hal ini bisa berbagai macam bentuk, seperti amarah terpendam, kekecewaan terpendam, kesedihan terpendam, benci, dendam dll. Hebatnya lagi semuanya ini bisa tersimpan tahunan, puluhan tahun bahkan sampai sdh kembali ke Tuhan tetap menyimpan emosi seperti itu !

Yuuk mari kita renungkan bukankah sebagian karakteristik Tuhan adalah Memaafkan, Mengasihi dan Menyayangi bukan?..bagaimana sikap Tuhan terhadap mahluk ciptaannya yg tadinya diciptakan dalam kondisi suci?…..ketika kembali dalam kondisi belepotan kotoran yang disimpan dalam bentuk emosi2 negatif ! Sedangkan sebagian besar kotoran ini adalah dampak dari emosi2 antar manusia !

Masih dalam ingatan saya, dulu ketika masih kecil pertama kali mandi sendiri keluar dari kamar mandi..di cek sama sang ibu..masih ada kotoran / belum bersih disuruh kembali utk mandi kedua kalinya !………bayangkan kalau kita kondisi kotor begitu menghadap Tuhan…apa kira2 sikap Tuhan?……bukankah ini urusan antar manusia !…..dalam Islam disebut “Hablu Minanas”……lha Tuhan tidak bisa bela’in kita…selama kita tdk saling maaf dan memaafkan dengan tulus…inget ya dengan tulus!

Gini dech…bahasa gampangnya…selama kita bersikap, berperilaku yg merugikan diri sendiri dan orang lain (karena yg dinilai adalah reaksi / sikap kita dan bukan problem itu sendiri ! ) maka itu tidak bisa dihapus dengan segala macam bentuk ritual pengaduan kita pada Sang MAHA PEMAAF untuk dimaafkan.

Yang di Maafkan oleh Tuhan adalah keteledoran kita, kealpaan kita, kekilafan kita, EGO kita ! dan berikut janji untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama ! namun untuk urusannya kepada sesama manusia ini bersubstansi RELEASE EMOTION, HUMAN BEING CONNECTION, PERSONAL RESPONSIBILITY and HUMAN BEING AWARENESS !.
Menurut hemat saya caranya ndak ada lain tetap harus MINTA MAAF DAN MEMAAFKAN secara TULUS DAN BUKAN SIMBOLIK, serta dilakukan sesegera mungkin !

Yuuk kita sama2 merendahkan hati kita untuk memaafkan dan minta maaf kepada sesama….semangat berbagi untuk kemulyaan bersama.

Baginda Dirga Pawana Ismangil